ENDORSEMENT MENJADI LANGKAH AWAL PENULIS UNTUK MEMPROMOSIKAN BUKUNYA

Endorsement merupakan komentar singkat dari penulis terkenal, artis, selebgram, atau tokoh publik yang tujuannya untuk meyakinkan pembaca agar mau membeli buku tersebut. Berdasarkan pengalamanku ada selebgram yang enggak ngerti maksud dari endorsement. Hadeh! Endorsement itu seperti testimoni singkat berupa dukungan dari orang-orang yang telah membaca isi buku. Biasanya endorsement itu terletak pada bagian belakang sampul buku. Namun, ada juga yang sengaja meletakkannya di sampul depan agar lebih sensasional dan menjual. Ada juga yang meletakkan endorsement di dalam buku.

Endorsement dapat dijadikan jembatan buat penulis pemula dalam memasarkan bukunya. Endorsement juga bisa memberikan semangat. Testimoni yang diberikan oleh para tokoh terkenal dapat memperkuat buku sehingga menjadi daya tarik pembeli. Hadirnya tokoh-tokoh yang memberikan komentar terhadap tulisan akan mendongkrak promosi dari buku yang dibuat. Adanya endorsement membuat pembaca tertarik untuk memiliki buku yang dibuat oleh penulis sehingga meningkatkan penjualan. Tidak menutup kemungkinan, buku yang dipasarkan menggunakan endorsement menjadi best seller. Novel Pulang yang ditulis oleh Tere Liye, merupakan novel best seller. Di belakang buku terdapat empat endorsement yang terdiri dari masyarakat umum yaitu, ibu rumah tangga, dosen, siswi SMA, dan buruh migran Indonesia. Begitu pula dengan novelku yang berjudul Jerry.

Berikut komentar dari endorsement di novel Jerry – Puput Yuhara:

“Cerita yang manis. Ngebuat aku senyum-senyum sendiri di sela-sela deadline kerjaan. Huuuuhhh, love it pokoknya.” Virgin Haquarsum, Dosen.

“Kisah romansa berlatar dunia kerja dengan konflik yang bikin gemas! Penulis berhasil membuatku tenggelam dalam kisah yang ditulisnya. Bikin baper dan aku suka!” Marlina Lin, Penulis novel Urgent Wedding dan Yoo Shi-Jin’s Scandal.

Penulis tidak hanya pandai merangkai kata, melaikan harus ikut ambil posisi sebagai pemasar. Penerbit membantu penulis dalam menerbitkan buku, tetapi laris tidaknya juga dipengaruhi oleh tindakan. Nah, semoga teman-teman enggak kaget lagi bila ditodong endorsement dari penulis ya! Biasanya penulis akan memberikan reward buku terbit kepada endorsement yang telah memberikan testimoni.

10 Comments

  1. Keren yah…
    Mungkin ada yg berbaik hati untuk mengendorskan secara gratis..TPI tak jarang juga yang berbayar kak..
    Apa kakak kasi tulisan gratis yah kk..suruh mereka baca..barulah buku diterbitkan ???

    Disukai oleh 1 orang

      1. TPI kok bisa percaya gitu ngasi hasil karya ke mereka..apa ada kriteria sendiri buat yg komentar…terus kak..buat yg malas baca bagaimana tuh ??? Tapi dia org yg layak…mungkin selain malas juga sibuk.mheheh

        Disukai oleh 1 orang

      2. Kalo soal kepercayaan seperti kita belanja On Line Shop. Kalo takut gak usah dibeli. Gak sembarang juga ngasih. Kan namanya tokoh publik, selebgram, penulis, pasti banyak yang tau. Mereka orang sibuk, sih iya… Makanya kita kasih jangka waktu. Kalo mereka gak bisa, pasti nolak sejak awal sih 😂

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s